26.1 C
Jakarta
Tuesday, 27 September, 2022
Advertismentspot_img

INGIN SEHAT, DI MULAI DENGAN ISTIRAHAT YANG CUKUP

Gangguan tidur adalah kelainan pada pola tidur seseorang. Kondisi ini dapat menimbulkan penurunan kualitas tidur yang berdampak pada kesehatan dan keselamatan penderitanya.

Gangguan tidur ini menurut bahasa kedokteran disebut dengan Insomnia, gejala ini dapat ditandai dengan mengantuk di siang hari, sulit tidur di malam hari, atau siklus tidur dan bangun tidur yang tidak teratur.

Jika kelainan ini yang tidak ditangani dengan baik, maka akan berdampak pada tubuh seseorang. Insomnia yang berkepanjangan dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit pada fisik, seperti:

  • Stroke.
  • Diabetes mellitus.
  • Obesitas.
  • Peradangan.
  • Kepekaan terhadap rasa sakit.
  • Penyakit jantung.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Kejang.
  • Menurunnya imun tubuh.

1. Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari

Banyaknya kesibukan yang berlebihan membuat sebagian orang berfikir, jika waktu istrahat mereka dapat di ganti di hari libur. Padahal, kebiasaan seperti inilah yang lama kelamaan akan merubah jadwal tidur alami anda. Bahkan, cara ini akan semakin memperburuk kondisi susah tidur.

Oleh sebab itu, buatlah pola tidur malam anda dengan waktu dan jam yang sama di setiap harinya. Agar organ dalam tubuh anda dapat istirahat dengan sempurna, tidak terkecuali di hari libur. Dan harus di ingat juga, anda harus mencukupi jadwal tidur sekitar 7–9 jam setiap harinya agar dapat memulai aktivitas dengan cukup energi di pagi hari.

Hal ini dapat membantu tubuh agar terbiasa dengan ritme tidur yang konsisten, membuat anda mempunyai pola dalam istirahat anda.

2. Ciptakan suasana tidur yang nyaman

Buatlah suasana kamar tidur anda terasa nayaman, agar anda mudah terlelap dan tidur lebih mudah. Batasi penerangan, mungkin dapat membuat anda jauh lebih rilek cukup dengan lampu tidur saja.

Kebiasaan akan Gedget yang sulit untuk di jauhi, cobalah untuk tidak menggunakan alat elektronik menjelang tidur. Produksi melatonin akan rusak dengan adanya radiasi dari elektronik, yaitu hormon yang membantu Anda tertidur

4. Hindari konsumsi makanan, minuman beralkohol dan berkafein

Selanjutnya ini mungkin teramat sulit, tetapi cobalah untuk menjaga kesehatan diri anda. Dengan menghindari minuman seperti kopi, teh, dan minuman bersoda atau minuman berenergi lainnya, terutama pada sore dan malam hari menjelang tidur.

Tak hanya minuman, hindari pula konsumsi makanan berlebih menjelang waktu tidur. Karena dengan mengkonsumsi makanan atau minuman, hal itu lah yang membuat saluran pencernaan anda aktif.

5. Hindari merokok sebelum tidur

Tak hanya menghindari minuman beralkohol dll, Anda juga disarankan untuk menghindari rokok. Kandungan nikotin di dalam rokok dapat membuat Anda susah tidur, dan terjaga sepanjang malam.

6. Rutin berolahraga

Tentunya hal ini memang harus di paksakan, karena untuk sebagian orang sulit untuk menyisihkan waktunya untuk berolahraga. Olahraga yang rutin pagi dan sore hari, diketahui dapat meningkatkan durasi dan kualitas tidur anda. Meski demikian jangan ada lakukan menjelang tidur, sebab hal ini justru akan memberikan efek sebaliknya pada tubuh anda dan membuat Anda semakin sulit untuk tidur.

7. Hindari stres

Saat stres melanda seseorang, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol yang dapat mengganggu pola tidur sehat. Untuk menanggulangi stres berlebihan, Anda tentunya dapat mencoba beberapa cara, seperti mulai melakukan yoga, relaksasi, maupun meditasi sebelum tidur.

Selain itu, mandi air hangat di malam hari juga merupakan cara mengatasi sulit tidur anda. Atau dengan membaca buku dan mendengarkan musik menjelang tidur, pastinya kegiatan ini dapat membuat rasa nyaman.

Jika cara yang di atas sudah dilakukan secara rutin dan konsisten, tentunya akan membawa anda ke pola tidur sehat.

Jika anda tetap pada kondisi yang sama sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter guna mendapat penanganan dengan ahlinya, apalagi jika masalah tersebut sudah mengganggu aktivitas dan kesehatan Anda.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Coneccted

- Advertisement -spot_img

Latest Articles