30.2 C
Jakarta
Thursday, 6 October, 2022
Advertismentspot_img

FILM “MENCURI RADEN SALEH” SUDAH TEMBUS 2 JUTA PENONTON

Film “Mencuri Raden Saleh” karya anak bangsa ini dapat menembus angka 2 juta penonton, pada minggu awal penayangan sejak 25 Agustus. Film garapan sutradara Angga Dwimas Sasongko ini, berkisah tentang sekelompok anak-anak muda yang mencuri lukisan “Penangkapan Diponegoro” karya Raden Saleh.

Ini merupakan drama dengan plot heist pertama yang ditayangkan oleh Visinema Pictures pada 2022, dibintangi Iqbaal Ramadhan sebagai Piko the Forger, Angga Yunanda sebagai Ucup the Hacker, Aghniny Haque sebagai Sarah the the Brute, Rachel Amanda sebagai Fella the Negotiator dan Umay Shahab sebagai Gofar the Handyman.

Lukisan “Penangkapan Diponegoro” dibuat oleh Raden Saleh, pada tahun 1857. Lukisan ini menggambarkan peristiwa ditangkapnya Pangeran Diponegoro oleh Letnan Jenderal Hendrik Merkus de Kock, pada 28 Maret 1830. Karya seni yang sudah berumur lebih dari 150 tahun ini, telah ditetapkan sebagai cagar budaya jenis benda oleh pemerintah. Tak hanya itu, “Penangkapan Diponegoro” diklaim istimewa karena merupakan lukisan sejarah pertama di Asia Tenggara yang beraliran Eropa, dilukis oleh orang Asia Tenggara, dinukil dari buku Raden Saleh: Kehidupan dan Karyanya oleh Werner Kraus.

Sinopsis Mencuri Raden Saleh

Film ini menceritakan Piko, mahasiswa seni rupa yang mencari uang dengan memalsukan lukisan untuk membebaskan sang ayah dari penjara tiba-tiba mendapat tawaran mencuri karya maestro Raden Saleh yang dijaga ketat di Istana Negara.

Mengikuti rencana, Piko membentuk tim yang berisi Ucup (hacker), Sarah (atlet bela diri), Gofar (mekanik), Tuktuk (pembalap liar) dan Fella (negotiator). Masing-masing mengincar uang yang ditawarkan sebagai imbalan dari pencurian tersebut.

Pelaksanaan rencana mereka dihadapkan dengan begitu banyak rintangan yang berpeluang merenggut hal-hal berharga yang mereka miliki, seperti hubungan percintaan, persahabatan, hingga keluarga mereka. Di tengah upaya untuk melancarkan misi pencurian penuh risiko tersebut, mereka tidak tahu bahwa ada ancaman besar di balik pencurian lukisan tersebut.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Coneccted

- Advertisement -spot_img

Latest Articles