30.2 C
Jakarta
Thursday, 6 October, 2022
Advertismentspot_img

7 TIPS MENJAGA KESEHATAN PENCERNAAN ANDA.

Menjaga kesehatan itu pastinya dimulai dengan olahraga, istirahat yang cukun dan tetntunya menjaga pola makan kita.

Di sini ada beberapa tips untuk menjaga kondisi kita pasca virus Covid 19, terutama mengenai pencernaan kita. berikut ini makanan yang dapat kita konsumsi, dan tentunya dapat melancarkan pencernaan kita.

 1.Daun Mint

Daun mint dapat meredakan gangguan pencernaan anda dan tentunya mampu membantu menghilangkan beberapa gejala yang berkaitan dengan sindrom iritasi usus. daun mint ini bisa membantu memperlambat kinerja otot perut merelaksaikan pencernaan dalam keadaan mual.

2.Yoghurt

Kumpulan mikroorganisme ini hidup dalam keseimbangan di mikrobioma usus, Untuk menjaga keseimbangan mikroorganisme di saluran pencernaan. Salad dan Kubis kita dianjurkan untuk konsumsi makanan mengandung probiotik, seperti yoghurt. Sebuah studi yang diterbitkan pada Agustus 2021 di Nutrients, menyatakan bahwa yoghurt membantu melindungi mikrobioma usus dari perubahan akibat mengonsumsi antibiotik yang menyebabkan diare.

3. Salad atau asinan kubis

Makanan berfermentasi ini memberi manfaat penting bagi kesehatan pencernaan, Asinan kubis tentunya dapat memudahkan kerja sistem pencernaan anda. Serat prebiotiknya juga memberi makan serangga yang hidup di kolon atau usus besar kita.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah nutrisi yang membantu pencernaan dan mengurangi sembelit. Contohnya buncis, lentil, buncis, dan kacang polong. Dalam sebuah studi pada tahun 2017 menemukan bahwa, 100gr kacang-kacangan yang dimasak menyediakan sekitar 26% serat harian yang kita dapatkan.

5. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang memiliki  kalori yang sangat rendah, yaitu hanya 34 kalori per 100 gr. Namun demikian, brokoli kaya serat, mineral, vitamin, dan anti-oksidan, yang terbukti banyak bermanfaat didalamnya. Bunga brokoli merupakan sumber yang kaya vitamin-K, serta banyak terkandung pula Vitamin B-kompleks pada kandungannya.

6. Apel

Serat dalam apel ada yang bersifat tidak larut dan larut, serat larut yang disebut pektin dalam buah apel bermanfaat untuk membantu mengendalikan kadar gula darah pada tubuh. Ini karena pektin serta komponen fitonutrien bekerjasama dalam apel, untuk mengontrol kadar lemak pada tubuh kita

Kandungan serat dan air pada buah apel bertugas menjaga pencernaan, akan tetapi serat pada apel pun membantu Anda agar cepat lebih mudah kenyang dan tidak mudah lapar.

7. Pepaya

Enzim papain berada dalam kandungan pepaya, bertugas mengolah protein pada tubuh kita lebih mudah untuk dicerna. Orang yang rutin mengonsumsi pepaya selama 40 hari terbukti lebih aman dari serangan konstipasi dan kembung.  Bukan saja itu, konsumsi pepaya yang kaya serat dna air juga bisa mencegah sembelit. 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Coneccted

- Advertisement -spot_img

Latest Articles